Selasa, 17 Maret 2015

National Geographic Mengulas Perbedaan Persepsi Dalam Warna Pakaian

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh website National Geographic sangat menarik untuk diulas. Karena hal ini berkaitan dengan sains dan berhubungan dengan warna pakaian. Jadi kami akan mengulasnya untuk Anda. Dalam artikel kali ini tidak akan dibahas mengenai menjual jaket national geographic seperti biasanya, melainkan mengenai dress formal yang telah  membuat bingung banyak orang karena perbedaan persepsi mengenai warna apakah dress tersebut.





Berikut ulasannya untuk Anda:

Lebih dari sehari, pengguna internet dibuat heboh yang disebabkan oleh debat tentang warna pakaian. Tampilan satu buah Dress formal yang beredar tersebut membuat bingung banyak orang, banyak dari mereka percaya apabila pakaian tersebut adalah perpaduan antara warna putih & emas, sedangan yang lainnya yakin jika warna dress tersebut adalah hitam & biru.

Bagaimana ini bisa terjadi?

AsapSCIENCE, sebuah channel Youtube yang seringkali menayangkan video tentang sains, menyatakan bahwa Fenomena tersebut dinamakan "Color Constancy".

Jawaban ilmiah yg dikemukakan AsapSCIENCE tersebut diupload ke dalam bentuk video menarik yang berdurasi dua menit. Dalam video tersebut, AsapSCIENCE menuturkan bahwa otak manusia cenderung untuk menilai warna berdasarkan warna lingkungannya. Contohnya: kalau otak menyaksikan sebuah warna --tentunya melalui mata-- dalam sebuah bayangan gelap, sehingga otak bakal menganggap segala aspek jadi gelap. Lalu, warna yang seterusnya dilihat oleh mata dapat jadi sedikit lebih cerah dari warna yg sebenarnya.

Mengenai warna dress yang dijelaskan di atas, perpaduan antara ke-2 warna yang ada pada dress itu adalah samar-samar (perpaduan warna putih & emas mempunyai ambiguitas warna yang tinggi, begitu juga dengan warna hitam & biru tua), karena itu otak menciptakan persepsi warna berdasarkan kadar cahaya yang dimiliki dalam ruangan dan warna yang mereka yakini masing-masing. Hal ini sangat memperngaruhi otak dalam memahami warna tersebut.

Sumber:  Pop Science

1 komentar:

  1. blog nya dh kren ni...trus optimasi lgi
    kunjungan bliik di www.lbccomputer.blogspot.com

    BalasHapus